berita bola

Empat klub Inggris menjadi finalis dari dua kompetisi Eropa

Empat klub Inggris menjadi finalis dari dua kompetisi Eropa, Liga Champions dan Liga Europa. Hal itu tercapai karena tingginya jenjang kompetisi di Inggris.

Keberhasilan Chelsea menyingkirkan Eintracht Frankfurt di semifinal Liga Europa, Jumat (10/5/2019) dini hari WIB, membikin final sesama regu Inggris tercipta. The Blues selanjutnya akan menghadapi Arsenal di final, 29 Mei 2019.

All England final itu menjadi yang kedua, sesudah di Liga Champions, finalisnya juga mempertemukan sesama wakil Premier League adalah Tottenham Hotspur vs Liverpool di Madrid, 1 Juni 2019. Ini menjadi sejarah, di mana dua final kompetisi antarklub tertinggi di Eropa diisi wakil dari satu negara saja.

Manajer Chelsea, Maurizio Sarri, mengevaluasi keberhasilan empat regu Inggris ke puncak kompetisi Eropa tidak didapatkan dengan gampang. Salah satunya adalah berkat tingginya jenjang kompetisi.

Bulan lalu, tidak gampang bagi regu Inggris datang dalam keadaan yang baik secara lahiriah. Kami bermain lebih banyak dari negara lain. Kami memainkan 61 lomba sampai hari ini. Ini perbedaan besar dengan negara lain. Tingkatannya sangat tinggi di sini, kata Sarri, dikutip Reuters.

Ketika ini, kompetisi Premier League belum rampung sehingga baik Liverpool, Tottenham Hotspur, Arsenal dan Chelsea masih seharusnya berlomba di tengah konsentrasinya ke final. Sementara Piala FA juga masih menyisakan partai final untuk dilombakan.

Sarri mencontohkan, kompetisi di jenjang kompetisi terendah Inggris seperti Piala Liga bahkan memberikan kompetisi sengit. Hal itu yang dinilai menyebabkan Inggris punya salah satu liga terbaik.

Untuk masuk ke final Piala Liga (Februari), kami seharusnya menghadapi Liverpool, Tottenham dan kemudian menghadapi regu terbaik di Eropa, Manchester City. Premier League adalah liga terbaik di dunia, ujarnya.